Thursday, September 25, 2014

SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER (SIBK)


Sistem informasi berbasiskan komputer (SIBK) atau Computere Base Information System (CBIS) merupakan sistem Informasi yang menggunakan dan memanfaatkan kemampuan komputer dalam melaksanakan tugas guna pencapaian tujuan sebuah SI. “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.


a. Konsep Dasar SIBK
Tugas –tugas yang dilakukan komputer disebut aplikasi. Istilah sistem sering   digunakan. Pada awalnya, satu-satunya aplikasi komputer adalah pengolahan data. Komputer dikenal sebagai peralatan yang dapat menghasilkan informasi untuk pengambilan keputusan manajemen.
Usaha awal untuk menerapkan komputer dalam areal bisnis terfocus pada data. Pendekatan dilakukan pada masalah informasi dan pendukung keputusan. Dan sekarang ini pemfokusan diarahkan pada komunikasi dan konsultasi
Evolusi Sistem Informasi Berbasis Komputer
Adanya komputer diyakini akan banyak membantu manusia untuk tujuan efisiensi biaya dan efektifitas kerja. Secara berangsur manusia mengalihkan pekerjaan yang tadinya dilakukan sendiri ke komputer. Pekerjaan yang dilakukan oleh komputer disebut aplikasi. Ada kalanya terminologi sistem juga diterapkan untuk itu. Sedangkan porsi komputerisasi dalam pengembangan sebuah sistem lebih umum dikenal degan istilah Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS / Computer-Based Information System). Berikut ini adalah evolusi konsep CBIS sampai dengan saat ini.
  • Fokus awal pada data
  • Fokus pada Informasi
  • Fokuls pada Pendukung Keputusan
  • Fokus pada Komunikasi
  • Fokus pada Konsultasi
Model SIBK
manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah, dan informasi digunakan dalam membuat keputusan. Informasi disajikan dalam bentuk lisan maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi. Porsi komputer dalam pengolah informasi terdiri dari tiap area aplikasi yang berbasis komputer –SIM, SIA, DSS, OA DAN ES. Yang kita menyebutnya dengan istilah sistem informasi berbasis komputer. (computer based information system) atau CBIS
                                                                                                      
 

 Model yang menunjukkan cara penggunaan subsistem CBIS dalam pemecahan masalah

Para Spesialis Informasi
Kita menggunakan istilah spesialis informasi (information specialist) untuk menggambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangan dan memelihara sistem berbasis komputer. Ada lima golongan utama spesialis informasi :
Analis sistem (system analist),Pengelola Database (database administrator), Spesialis Jaringan (network specialist), Programmer, Operator.


Analis sistem bekerja sama dengan pemakai mengembangkan sistem baru dan memperbaiki sistem yang sekarang ada. Analis sistem adalah pakar dalam mendefenisikan masalah dan menyiapkan dokumentasi tertulis mengenai cara komputer membantu pemecahan masalah.
Pengelola database  bekerjasama dengan pemakai dan analis sistem menciptakan database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai. Database adalah suatu kumpulan data komputer yang terintegrasi, diatur dan disimpan menurut suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali.
Spesialis Jaringan bekerja sama dengan analis sistem dan pemakai membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumber daya komputer yang tersebar. Spesialis jaringan menggabungkan keahlian bidang komputer dan telekomunikasi.
Programmer menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analis sistem untuk membuat kode  instruksi-instruksi yang menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yang diperlukan pemakai.
Operator  mengoperasikan peralatan komputer. Operator memantau layar komputer, mengganti ukuran-ukuran kertas di printer dsb.


END-USER COMPUTING SEBAGAI MASALAH STRATEGIS
Tidak semua orang yang ikut dalam EUC memiliki tingkat pengetahuan komputer yang sama. Para pemakai akhir dapat dikelompokkan menjadi empat golongan berdasarkan kemampuan komputer mereka:
§  Pemakai akhir tingkat menu (menu-level end-users)
     Sebagian pemakai akhir tidak mampu menciptakan perangkat lunak mereka         sendiri, tetapi dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak jadi (prewritten    software).
  • Pemakai akhir tingkat perintah (command level end-users)
     Sebagian pemakai akhir memiliki kemampuan menggunakan perangkat lunak jadi
Yang lebih dari sekedar memilih menu. Para pemakai ini dapat menggunakan bahasa perintah dari perangkat lunak untuk melaksanakan operasi aritmatika dan logika pada data.
  • Pemakai akhir tingkat programer (end-user programmers)
     Sebagian pemakai akhir dapat menggunakan bahasa-bahasa pemrograman, serta mengembangkan program-program yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka sendiri.
  • Personil pendukung fungsional (functional support personnel)
     Disejumlah perusahaan, para spesialis informasi adalah anggota dari unit-unit fungsional dan bukannya unit jasa informasi. Personil pendukung fungsional ini adalah spesialis informasi dalam arti yang sesungguhnya, tetapi mereka berdedikasi pada area pemakai tertentu dan melapor pada manajer fungsional mereka.

Dua unsur penting menjadi ciri empat tingkatan kemampuan pemakai akhir. Pertama, semua    tingkat memiliki kemampuan untuk mengembangkan berbagai aplikasi, dan kedua tidak seorangpun yang merupakan anggota dari organisasi jasa informasi.
Jenis-jenis aplikasi pemakai akhir
Sedemikian jauh, EUC telah memberikan dampak pada berbagai subsistem utama CBIS dalam tingkat yang beragam. Sebagian besar aplikasi  end user computing telah dibatasi pada :
  • Sistem pendukung keputusan (DSS) yang relatif mudah
  • Aplikasi otomatisasi kantor yang memenuhi kebutuhan perseorangan.
Selebihnya adalah tanggung jawab spesialis informasi untuk bekerjasama dengan pemakai dalam mengembangkan :



No comments:

Post a Comment