Thursday, September 25, 2014

KUALITAS INFORMASI DAN TINGKATAN SISTEM INFORMASI

KUALITAS INFORMASI

Tidak semua informasi berkualitas. Oleh karena itu sudah seharusnya dilakukan penyaringan terhadap informasi yang beredar atau yang dapat ditangkap. Kualitas informasi ditentukan oleh beberapa faktor yaitu :
1.           Keakuratan dan teruji keberannnya artinya informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan, tidak bias dan tidak menyesatkan. Kesalahan-kesalahan itu dapat berupa kesalahan perhitungan maupun akibat gangguan (noise) yang dapat mengubah dan merusak informasi tersebut.
2.           Kesempurnaan informasi, untuk mendukung faktor pertama diatas maka kesempurnaan informasi menjadi faktor penting, dimana informasi disajikan lengkap tanpa pengurangan, penambahan atau pengubahan.
3.           Tepat waktu, informasi harus disajikan secara tepat waktu, mengingat informasi akan menjadi dasar dalam pengamabilan keputusan. Keterlambatan informasi akan mengakibatkan kekeliruan dalam pengambilan keputusan.
4.           Relevansi, informasi akan memiliki nilai manfaat yang tinggi, jika informasi tersebut diterima oleh mereka yang membutuhkan dan menjadi tidak berguna jika diberikan kepada mereka yang tidak membutuhkan.
5.           Mudah dan murah. Kini, cara dan biaya untuk memperoleh informasi juga menjadi bahan pertimbangan tersendiri. Bilamana cara dan biaya untuk memperoleh informasi sulit dan mahal, maka orang menjadi tidak berminat untuk memperolehnya atau mencari alternatif substitusinya. Biaya mahal yang dimaksud disini, jika bobot informasi tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. Dan melalui teknologi internet, kini orang atau perusahaan dapat memperoleh informasi dengan mudah dan murah
 
 TINGKATAN SISTEM INFORMASI
Beberapa jenis sistem informasi berbasis TI yang dikembangkan berdasarkan lini manajerial. Masing-masing dari SI tersebut memiliki fungsi dan manfaat bagi tiap tingkatan manajerial. Adapun tingkatan SI tersebut adalah
·        Sistem Pemrosesan transaksi
·        Sistem informasi manajemen (SIM)
·        Sistem penunjang keputusan (SPK)
·        Sistem Informasi e-busines


No comments:

Post a Comment