Monday, September 22, 2014

ANALISIS DAN DESAIN SISTEM SECARA UMUM




1. Analisis Sistem
Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.

2. Komponen Desain Sistem
Komponen-komponen sistem informasi terdiri atas :
a.       Model
b.       Output
c.       Input
d.      Database
e.       Teknologi
f.        Kontrol


3.Desain Secara Umum
Desain sistem secara umum, komponen-komponen sistem informasi dirancang dengan tujuan untuk dikomunikasikan kepada user bukan untuk programmer.
1.       Model
Merancang fisik sistem dan logikal model

2.       Output
Produk dari output yang dihasilkan sistem, dapat berupa media dan hasil proses dan format.

3.       Input
Alat input yang digunakan, proses input, type input dan langkah-langkah desain input.

4.       Database
Berfungsi sebagai basis penyedia informasi bagi user dan dan merupakan salah satu komponen penting sistem informasi, desain database dapat berupa database, database system, dan langkah-langkah desain database.

5.       Teknologi
Digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirim informasi dan membantu mengendalikan dari sistem secara keseluruhan, termasuk alat masukan, keluaran, proses dan penyimpanan.

6.       Kontrol
Pengendalian yang diterapkan pada sistem informasi berguna untuk tujuan mencegah atau menjaga terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan (kesalahan-kesalahan atau kecurangan). Pengendalian sistem informasi dapat berupa secara umu dan secara aplikasi.

Pengendalian secara umum/general control
Pengendalian organisasi, dokumentasi, hardware, fisik, keaman data dan komunikasi

Pengendalian aplikasi/aplication control
Yang diterapkan selama proses pengolahan data berlangsung, pengendalian aplikasi dapat dikategorikan kedalam pengendalian masukan, pengolahan dan pengendaliankeluaran.


4. Desain Secara Terinci
Desain sistem secara terinci, komponen-komponen sistem informasi dirancang dengan tujuan untuk dikomunikasikan kepada  untuk programmer, agar dapat dituangkan dalam bentuk program aplikasi.
1.       Model
Merancang  logikal program aplikasi kedalam suatu model matematis atau model logika dapat digambarkan dengan sistem flow char atau aliran sistem informasi .

2.       Output
Merancang format output, jumlah, isi dan penyajian informasi.

3.       Input
Merancang format input untuk memenuhi kebutuhan output yang akan dituangkan dalam program aplikasi dan jumlah input yang dibutuhkan.

4.       Database
Merancang data base dan struktur serta fungsi dan kegunaannya dalam program aplikasi

5.       Teknologi
Merancang teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan program aplikasi dan harus sesuai dengan perkembangan teknoligi da sistem informasi, sehingga menghasilkan informasi yang terbaru dan tercepat, akurat dan relevan.

6.       Kontrol

Merancang pengendalian terhadap program aplikasi dan membatasi akses user dengan menentukan administrator dan user dalam pengelolaan dan

No comments:

Post a Comment